Jenis Alat-Alat Keselamatan Kerja Untuk Laboratorium

alat keselamatan kerja

Jenis Alat-Alat Keselamatan Kerja Untuk Laboratorium

Alat keselamatan kerja – Laboratium kimia adalah tempat kerja yang akan memiliki banyak resiko yang berbahaya. Ini akan meliputi larutan kimia,untuk ledakan reaksi kimia dan panas untuk peralatan. Tidak heran juga kalau orang yang akan bekerja di sebuah laboratirium kimia dan juga harus menggunakan alat pelindung diri atau ADP. Serta laboratium juga harus segera di lengkapi engan alat-alat keselamatan dalam kerja. Berikut beberapa Alat Keselamatan Kerja Makmal dan Fungsinya:

jenis alat keselamatan kerja

Alat Pelindung Diri Laboratorium

1 Jas laboratorium

Jas laboratorium berfungsi untuk melindungi badan dari percikan atau cepritan untuk bahan kimia yang berbahaya. Jas dapat di gunakan sebagai alat keselamatan dalam bekerja dengan laboratorium kimia dan sangat berguna dengan hal-hal yang tidak terjaga. Jenisnya ini juga ada 2 yaitu jas lab untuk sekali pakai dan leb juga yang berkali-kali di pakai. Jas lab sekali pakai biasanya di gunakan di laboratorium bilogi dan hewan. Sementara jaket lab berkali- kali pakai di pakai di laboratorium kimia.

2 Kaca Mata Pelindung

Beberapa percikan untuk larutan kimia atau panas memang sangat membahayakan mata untuk orang yang akan bekerja di laboratorium.maka dari itu, mereka juga harus akan menggunakan kaca mata yang khusus dan juga yang tahan terhadap beberapa potensi bahwa banyak bahaya kimia dan panas.  Kacamata terbagi dengan 2 jenis yaitu clear safety glasses dan juga clear safety goggles. Dan dapat di gunakan untuk selalu melindungi mata untuk percikan beberapa bahan kimia serta reaksi kimia yang berbahaya.

3 Sepatu Safety

Sandal atau sepatusandal sangat di larang untuk digunakan ketika anda akan bekerja di laboratorium. Kenapa? Karena kita tidak bisa untuk melindungi kaki anda dengan cara menyeluruh ketika ada larutan atau bahan kimia yang tiba-tiba tumpah. Sepatu biasa biasanya sudah cukup untuk digunakan bagaikan pelindung. Tapi, di laboratorium untuk perusahaan yang besar maka sepatu yang akan di gunakan adalah sepatu untuk keselamatan dan sepatu safety yang sangat tahan api dan tekanan tertentu. Selain itu, kadang di sediakan juga plastik alas sepatu untuk menjaga kebersihan makmal jika sepatu tersebut di gunakan untuk keluar dari laboratorium.

4 Pelindung Wajah

Alat keselamatan kerja – Untuk pelindung wajah dapat di pakai untuk selalu melindungi wajah anda dari panas. Api serta percikan material yang panas. Sehingga beberapa alt ini dan juga akan di gunakan untuk dapat mengambil alat pada laboratorium dan yang akan di gunakan dan juga dipasang dengan suhu yang sangat tinggi. serta melebur sampel tanah di alat peleburan untuk rasio lab, dan akan mengambil peralatan yang akan di pasangkan dengan autoclave

5 Masker Gas

Bahan kimia atau reaksi kimia yang di hasilkan bisa menghasilkan gas berbahaya. Oleh sebab itu beberapa masker untuk gas yang memang sangat cocok dan juga akan dapat di gunakan untuk anda semua sehingga gas yang sudah sangat berbahaya tersebut dan juga akan terhirup. Sehingga di lihat dari bentuknya, masker untuk gas yang bisa berupa masker dan kain untuk masker gas yang khusus dan juga di lengkapi material dengan penghisap gas.Masker gas lazim di gunakan untuk keperluan umum, misalnya membuat larutan standar

6 Sarung Tangan

Sarung tangan untuk glove dan akan melindungi tangan anda untuk beberapa ceceran yang larutan kimia dan juga akan dapat membuat kilit anda saat gatal, serta iritasi dan juga melepuh. Ada macam-macam sarung tangan yang akan digunakan untuk untuk lab dan juga biasanya dan juga terbuat dari karet alam,nitril dan juga noeperena.

Dengan sarung tangan yang telah terbuat dari karet alam. Maka akan terdapat yang akan dilengkapi dengan serbuk yang khusus dan juga tanpa serbuk. Sebuk ini biasanya terbuat dari tebung kanji dan juga akan berfungsi untuk melumasi sarung tangan agar tetap mudah untuk di gunakan.

7 Pelindung Telinga

Alat keselamatan kerja – Untuk alat pelindung diri yang terakhir ini adalah sebuah perlindungan telinga . Alat yang satu ini juga sangat wajib untuk di gunakan dalam melindungi telinga. Dari keberisikan yang akan di keluarkan dengan peralatan tertentu. Misalnya autoclave, penghalus sample tanah, sonikator, dan pencuci alat- alat gelas yang menggunakanultrasonik.

Untuk info tentang alat keselamatan kerja klik di sini