Tips Memilih Helm Climbing yang Paling Cocok

Tips Memilih Helm Climbing yang Paling Cocok

Rock Climbing merupakan kegiatan memanjat tebing dengan peralatan dan teknik-teknik tertentu. Kegiatan ini bertujuan untuk mempelajari tentang teknik-teknik pemanjatan tebing, pemetaan, rescue, dan lain-lain.  Ada banyak alat yang dibutuhkan dalam olahraga panjat tebing salah satunya adalah helm. Helm pendakian ini dapat anda temukan di toko online ataupun offline oleh distributor helm climbing Jakarta.

Tips Memilih Helm Climbing Paling Cocok

Helm climbing merupakan alat yang penting dalam pendakian karena berfungsi melindungi kepala dari benturan dan juga reruntuhan batu ataupun benda yang jatuh dari atas ketika sedang memanjat tebing. Oleh karena itu, pemilihan helm terbaik dari distributor helm climbing Jakarta ini sangat penting untuk dilakukan. Berikut ini ulasan mengenai tips memilih helm climbing dari distributor helm climbing Jakarta untuk anda ikuti.

1.       Jenis Helm
Jenis helm panjat ada bermacam-macam sesuai dengan penggunaannya. Ada tiga jenis helm panjat yang di salurkan oleh distributor helm climbing Jakarta yaitu helm inmold, helm cangkang keras dan helm hybrid (campuran dari helm inmold dan helm cangkang keras).
Helm cangkang keras sangat kuat dan sering di gunakan melalui ferratas dan alpine dan panjat es. Helm inmold terutama digunakan untuk mendaki gunung, sport climbing dan juga via ferrata. Karena helm panjat hybrid adalah campuran dari kedua jenis helm, helm ini cocok untuk via ferratas dan alpine atau panjat es serta untuk pendakian gunung dan olahraga panjat tebing
Untuk helm hybrid yang merupakan campuran dari dua desain, maka helm ini dapat di gunakan untuk hampir semua aktivitas pendakian. Bagi anda yang tidak tahu untuk apa anda menggunakan helm ataupun ingin berlatih di kedua bentuk pendakian, lebih baik memilih helm jenis ini.

  1. Berat Helm
    Pertimbangan lain saat membeli helm dari distributor helm climbing Jakarta adalah beratnya. Pilihlah helm yang ringan untuk memanjat tebing karena anda akan memakainya selama beberapa jam. Umumnya berat helm panjat adalah sekitar 300 hingga 400 gram.

3.       Kenyamanan pemakaian
Kenyamanan ini dapat anda nilai dari beberapa faktor yaitu bahan, kecocokan warna dan bentuk, serta ukuran. Pilihlah helm yang bagian dalamnya tidak telalu keras dan memiliki bantalan yang baik agar terasa nyaman ketika di pakai. Memilih warna, bentuk, dan ukuran helm juga sangat penting. Sebaiknya anda mencoba beberapa helm untuk tahu helm mana yang cocok dan pas dengan kepala anda.

4.       Ventilasi yang memadai
Helm climbing yang baik memiliki jumlah slot ventilasi yang tinggi. Ventilasi ini dapat mengatur udara dan mencegah panas menumpuk di kepala. Pendaki akan merasa lebih nyaman dan diak akan banyak berkeringat bahkan ketika melakukan tur pendakian yang lama. Selain membuat pendaki merasa nyaman, helm juga akan lebih awat dan tidak harus segera di ganti dengan yang baru.

5.       Pabrikan
Distributor helm climbing Jakarta tentu menyalurkan produk dari berbagai produsen yang menjual peralatan pendakian. Sebelum anda membeli helm, periksalah stabilitas helm tersebut dengan teliti. Hal ini perlu di lakukan karena tidak semua produsen memiliki reputasi dan kualitas yang sama apalagi jijka anda membelinya secara online.

Itulah beberapa tips memilih helm safety dari distributor helm climbing Jakarta. Perhatikan dengan teliti kualitas helm climbing yang akan anda beli agar pendakian anda nyaman dan juga keselamatan anda terjamin.