Dunia Alat Safety di Glodok Jakarta

Dunia Alat Safety di Glodok Jakarta

Kapal adalah alat transportasi laut yang biasanya dapat mengangkut penumpang dan juga barang. Keselamatan penumpang kapal wajib diperhatikan dengan baik agar tidak terjadi hal yang tidak diharapkan. Maka dari itu, umumnya sebuah pelayaran akan mempersiapkan berbagai alat keselamatan dari dunia alat safety di Glodok Jakarta, PT. Satria Saftindo agar awak kapal maupun penumpang dapat merasa aman.

 

Dunia Alat Safety di Glodok Sedia 10 Jenis Alat Kapal Terbaik

Nah, bagi Anda yang masih awam dengan peralatan keselamatan di kapal maka jangan khawatir. Berikut i ni kami berikan rincian alat safety kapal dan fungsinya untuk menambah wawasan Anda.

  1. Radio Dua Arah (HT)
    HT adalah alat komunikasi dari dunia alat safety di Glodok Jakarta. Yang  umumnya di pakai di atas kapal saat dalam kondisi darurat. Alat safety ini umumnya berjumlah 3 buah dan masing-masing di pakai oleh Kepala Engine Department, ketua penyelamatan dan ketua operator.
    Sehingga mereka saling berkomunikasi memakai HT untuk mengabarkan kondisi dan situasi dalam keadaan darurat untuk meminimalisir adanya korban.
  2. Baju Pelampung (Life Jacket)
    Life jacket merupakan alat keselamatan di kapal yang sangat di perlukan khususnya ketika dalam kondisi bahaya. Setiap penumpang dan awak kapal harus di bekali life jacket masing-masing supaya ketika terjadi bahaya dana mengevakuasi diri sendiri dengan cepat untuk meninggalkan kapal.
    Fungsi life jacket sendiri adalah untuk membantu pengguna (baik dalam keadaan sadar maupun tidak) agar tetap bisa mengapung di atas air sehingga posisi mulut dan hidung ada di permukaan. Baju pelampung memang di rancang khusus untuk alat safety di kapal.
  3. Immersion Suit
    Merupakan jas kering yang  tahan air dan dapat dipakai sebagai pelindung dari penyakit hipotermia karena air laut yang dingin ketika kapal yang ditumpangi terbalik atau tenggelam.
    Di samping itu, alat safety ini juga dapat di pakai ketika terjadi kebakaran besar di atas kapal yang dapat membahayakan penumpang serta awak kapal. Hal ini karena baju safety ini tidak mudah terbakar, rusak ataupun meleleh karena api.
  4. Rescue Boat
    Alat keselamatan yang  tersedia di dunia alat safety di Glodok Jakarta, PT. Satria Saftindo ini berguna untuk menjemput korban agar di bawa di atas kapal. Alat ini umumnya bertenaga mesin dan bisa di kendalikan untuk menghampiri para korban lalu membawanya kembali ke lokasi yang lebih aman.
  5. Muster List
    Muster List merupakan gambaran daftar atau bagan tugas seluruh awak kapal ketika terjadi masalah di atas kapal. Dengan adanya muster list menjadikan masing-masing awak kapal mengetahui tugas serta tanggung jawab mereka sekaligus langkah apa yang perlu diambil demi meminimalkan adanya korban jiwa.
  6. Sekoci (lifeboat)
    Sekoci atau lifeboat merupakan alat safety dari dunia alat safety di Glodok Jakarta yang di pakai untuk meninggalkan kapal utama ketika terjadi masalah darurat. Lifeboat adalah kapal dengan ukuran lebih kecil yang di taruh di atas kapal serta bisa di luncurkan dengan adanya bantuan mekanik demi melakukan penyelamatan terhadap semua awak crew kapal.
  7. Inflatable Liferaft
    Liferaft merupakan sebutan bagi jenis perahu karet yang memiliki tenda pelindung serta di dukung dengan minuman, makanan, maupun obat-obatan. Liferaft adalah alat safety yang sengaja di desain biasa dipakai ketika keadaan darurat supaya penggunanya dapat bertahan hidup hingga seminggu sebelum kedatangan regu penolong yang akan melakukan evakuasi.
  8. Fire Door
    Fire door merupakan pintu anti api yang umumnya di pasang untuk memotong jalur oksigen ketika terjadi kebakaran. Sehingga, jika pada area akomodasi terjadi kecelakaan kebakaran, maka segera di pasang alat fire door guna memotong jalur mengalirnya oksigen dari luar yang dapat memperparah kobaran api berbahaya.
  9. Fire Pump
    Fire Pump merupakan pompa yang di gunakan untuk memadamkan api ketika terjadi kebakaran berbahaya di atas kapal. Sesuai dengan peraturan, fire pump merupakan alat keselamatan yang harus ada di setiap kapal ketika beroperasi.
  10. Ban Pelampung
    Ban pelampung (ringbuoy) merupakan alat safety yang di pakai untuk membantu korban jatuh ke laut agar bisa terapung. Misalnya ada penumpang maupun awak kapal terjatuh ke laut maka ringbuoy bisa segera di lemparkan ke tempat  yang dapat di jangkau agar mereka bisa selamat.

Nah, itulah penjelasan mengenai beberapa alat safety kapal dan fungsinya untuk Anda ketahui. Keselamatan penumpang dan awak kapal merupakan tanggung jawab bersama. Maka dari itu, sebelum melakukan pengiriman barang maupun pelayaran perlu di lakukan pengecekan alat safety demi meminimalisir terjadinya kecelakan. Alat keselamatan bisa di beli dari dunia alat safety di Glodok Jakarta terbaik dan terpercaya adalah PT. Satria Saftindo.